About Me

Markas Dan Peningalan Jendral Sudirman

Markas Dan Peningalan Jendral Sudirman

Live Streaming [KLIK DISINI]


Selain monumen utama Monumen Jendral Sudirman masih ada satu lagi yaitu Markas / Rumah yang dulu pernah dipakai jenderal Sodirman sebagai markas saat melakukan gerilya. Tepatnya di Dusun Sobo, Desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan ,2 km dari monumen utama Jendral Sudirman yang menjadi saksi gigihnya perjuangan Jenderal Soedirman ketika mengalami perang gerilya.


rumah bekas markas gerilya Panglima besarJenderal Soedirman. Rumah ini ditempati Jenderal Sudirman selama 107 hari, sejak 1 April 1949 s/d 7 Juli 1949 sekaligus menjadi markas gerilya beliau.Didalam rumah, anda akan melihat di ruangan depan ada 2 pintu. Atapnya di topang tiang-tiang kayu. Di ruangan ini ada 4 kamar tidur, salah satunya kamar tidur Jenderal Sudirman. Selain itu juga ada foto Sudirman dengan masyarakat di depan rumah bersejarah ini, foto ketika berangkat bergerilya dan ketika beliau pulang ke Yogyakarta.

Masih di ruang ini, juga ada tiruan tandu, meja dan kursi untuk tamu, dan tempat tidur pengawal/ajudan beliau, yaitu Soepardjo Rustam dan Tjokro Pranolo. Di ruangan ini juga ada satu set meja dan kursi tamu dari kayu dan balai dari bambu.

 Ruang bagian belakang, atapnya juga disanggah tiang-tiang kayu. Di ruang ini difungsikan sebagai dapur lengkap dengan alat-alat memasak, tempayan, meja dan kursi makan dari kayu. Di rumah bekas markas gerilya yang berudara sejuk ini, dahulu digunakan Jenderal Sudirman sebagai tempat bersosialisasi dan bergabung dengan masyarakat setempat.

Berikut Adalah Sedikit Cuplikan Foto Dari peningalan di markas jendral sudirman.








Berikut Mungkin Perferensi Yang Sedang Sobat Cari Tentang Monumen Jendral Sudirman :

Live Streaming On Radio Idola fm 94,7mhz [KLIK DISINI] 

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Idola fm mantap bro, ketinggalan info, lagi Reti yn Idola fm ada blognya..

    BalasHapus