About Me

Profil Monumen Jendral Sudirman Nawangan Pacitan Jawa Timur

Profil Monumen Jendral Sudirman Nawangan Pacitan Jawa Timur
Live Streaming [KLIK DISINI]

               Monumen Jendral Sudirman ini terletak di Desa Sobo, Pakisbaru, Nawangan Pacitan yaitu sekitar 34 km dari pusat kota Pacitan. Daerah ini berbatasan dengan kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Karena merupakan daerah pegungungan dan berbukit, akses jalan menuju Monumen Jendral Sudirman lumayan sulit. Jalannya sangat sempit, terjal dan berliku. Tapi Tenang aja meskipun jauh dari pusat kota pacitan di Monumen Jendral Sudirman ini juga terdapat VILA untuk beristirhat.
Mesipun akses jalan menuju Monumen Jendral Sudirman ini lumayan sulit, tidak menyurutkan pengunjung atau wisatawan-wisatawan yang berdatangan dari luar kota, terutama para sejarahwan. Para wisatawan justru senang dengan jalan menuju desa Pakis Baru ini karena panorama-panorama pemandangan alam yang ada disepanjang jalan sangat memikat mata dan hati para wisatawan.

[Gambar Diambil dari pintu masuk utama M J S]

Selain monumen, terdapat juga sebuah rumah yang dahulu menjadi markas sang  jendral saat melakukan perjuangan gerilya melawan penjajah. Rumah ini dahulu ditempati beliau selama 107 hari, sejak 1 April 1949 s/d 7 Juli 1949  Komplek monumen Jendral Sudirman ini juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang seperti perpustakaan, ruang audio visual, ruang resepsionis, pasar seni, cafetaria, lapangan. Kita juga akan disuguhi diorama perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia sampai pengakuan kedaulatan Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949 oleh Belanda.

Di kompleks Monumen Jendral Sudirman ini kita juga bisa menyaksikan relief yang terbuat dari perunggu yang menggambarkan perjalanan hidup dan perjuangan Jendral Besar Sudirman. Relief itu menceritakan masa kecil hingga akhir usia Jendral Sudirman. Masa kelahiran, mengaji, sekolah, kepanduan, menjadi anggota Peta, memimpin gerilya hingga meninggal terceritakan dengan relief ini.Untuk Lebih Jelasnya Foto Dari Relief Monumen Jendral Sudirman Silahkan Lihat di Link Bawah postingan ini Nanti. 

Sebelum masuk ke Monumen Jendral Sudirman tersebut, kita akan melewati 8 gerbang yang menunjukkan 8 provinsi pada tahun 1948 – 1949. Pada masing - masing gerbang kita akan melihat kata kata motivasi yang tertulis di gerbang. Untuk Lebih Jelasnya Silahkan Lihat di Link Bawah postingan ini. :)

Untuk mencapai Monumen Jendral Sudirman kita harus melewati tiga jalur berundak, dengan jumlah anak tangga tiap jalurnya adalah 45, 8 dan 17. Jumlah anak tangga tersebut merupakan cerminan dari tanggal, bulan dan tahun kemerdekaan Republik Indonesia Yaitu 17 Agustus 1945. Patung jendral Soedirman ini berdiri kokoh di atas tanah seluas 97,831 meter persegi.

Nah Itulah Profil Dari Monumen Jendral Sudirman Untuk Lebih Jelasnya Silahkan Berkunjung Sendiri Sobat. 

Berikut Mungkin Perferensi Yang Sedang Sobat Cari Tentang Monumen Jendral Sudirman :
Live Streaming On Radio Idola fm 94,7mhz [KLIK DISINI] 

Posting Komentar

0 Komentar